Experiencing With KALEIDXSCOPE




KALEIDXSCOPE (ditulis dengan gaya KALEID×SCOPE dan diucapkan sebagai “kaleidoscope”) adalah mode permainan yang berfungsi sebagai sistem pembuka untuk lagu bos yang ditambahkan dalam maimai でらっくす PRiSM pada saat peluncuran, bekerja serupa dengan Survival Course di maimai MiLK, dan berfungsi sebagai penerus dari PANDORA BOXXX di maimai FiNALE.       
 Informasi lebih lanjut dapat dibaca disini (Mungkin diperlukan VPN/kustom DNS)

Aku tidak akan membahas secara rinci mengenai hal ini. Aku hanya akan menceritakan pengalaman ketika bermain maimai untuk menyelesaikan mode kaleidxscope.

Aku juga bisa dibilang 'sedikit' terlambat untuk menyelesaikan mode kaleidxscope ini, aku memulainya sejak awal Maimai Prism Plus. Puncak meningkatnya antusias untuk menyelesaikan mode ini, ketika maimai di Jepang telah berada di akhir periode kaleidxscope. Menyaksikan livestream para pemain Jepang berlomba-lomba untuk menyelesaikan mode ini. Tidak ketinggalan, pada waktu itu juga akan diselenggarakan kompetisi maimai di Timezone Summarecon Mal Bandung pada tanggal 12 Juli 2025

Mungkin aku akan mulai dengan urutan bermain gerbang berdasarkan kronologis waktu. Bukan dengan waktu rilisnya gerbang.

Gerbang Hitam/Metropolis Area

  • Tanggal selesai: 3 Agustus 2025
  • Lives tersisa: 821/999
  • Difficulty: Master


Aku membuka gerbang ini terlebih dahulu, karena pada saat itu sedang menyelesaikan area metropolis 9. Untuk kuncinya sendiri, aku sudah memainkan beberapa lagu penyisihan dan final King of Performai. Total lagu yang dimainkan pun hanya 11 lagu. Jadi tinggal menyelesaikan sisanya. 

Powawan Gekijou (Master 13)
Untuk ukuran level 13, bisa dibilang ketukan lagunya cukup tricky. Ditambah dengan birama triplet dan pola touch. Sehingga agak kaget untuk sightread

Vspook! (Master 14)
Aku telah beberapa kali memainkan lagu ini, pergerakan semi-spin dan stream serta perubahan tempo di tengah lagu masih bisa aku atasi, setidaknya masih dapat skor SSS.

Chuuten (Master 14+)
Tidak ramah sightread, bintang 1. Banyaknya slide dan jumlah break cukup membuatku kewalahan.

Gerbang Kuning/Hajimari Area
  • Tanggal selesai: 10 Agustus 2025
  • Lives tersisa: 29/100
  • Difficulty: Master

Gerbang pertama yang lolos di 100 lives!
Aku memilih untuk membuka gerbang kuning, karena masih berdekatan dengan rilisnya maimai Prism Plus sekaligus menyelesaikan area rainbow. Untuk kuncinya sendiri cukup mudah didapat, hanya pilih random dan dapatkan theme song lagu maimai DX ke atas. Dipilihnya folder Prism Plus karena jumlah lagu ketika rilis masih sedikit. Ditambah sambil grinding area rainbow untuk mendapatkan lagu Fraq mempermudah kesempatan untuk random di folder ini.

Tobidase! TO THE COSMIC!! (Master 13+)
Chart yang seru, aku suka dengan banyaknya referensi pattern di lagu-lagu t+pazolite yang terdahulu. Masih bisa dapat SSS+, hanya aku lupa berapa lives yang habis di lagu ini.

[X] (Master 13+)
Siapa yang ngide level lagu ini diturunin jadi 13+? Munculnya touch notes secara tiba-tiba dan dalam jumlah yang banyak cukup mengagetkanku. Perubahan tempo di tengah lagu, ditambah pattern both yang diiringi dengan hold juga cukup menguras stamina. Seharusnya masih bisa tembus 100,5%

Åntinomiε (Master 14+)
Just fast. Kalau dilihat lagi, patternnya ga terlalu susah tapi sangat melelahkan. Namun, banyaknya hold, spin brutal dan perubahan ketukan cukup membuatku kewalahan.

Gerbang Biru/Youth Area
  • Tanggal selesai: 15 Agustus 2025
  • Lives tersisa: 955/999
  • Difficulty: Master


Gerbang termudah di seluruh kaleidxscope. Berbanding terbalik dengan persyaratan yang harus didapatkan untuk mendapat kuncinya, yaitu dengan memainkan semua lagu dari youth area dan sky street. Selama grinding, aku dimanjakan dan sangat menikmati lagu-lagu dari area ini. Diantara banyaknya lagu rhythm game yang jedag-jedug, lagu di area ini menjadi angin segar agar tidak bosan grinding namun tidak dengan lore-nya.

Amber Chronicle (Master 13)
Chart yang straightforward, tapi bagian spin cukup mengagetkan.

Cerca/Estoterica (Master 14)
Lagu bos sekaligus menjadi lagu tersulit dari seluruh area ini. Chartnya aneh, mini-jack dan both dari atas ke bawahnya nguras stamina. Keseluruhan, untuk 14 bisa dibilang cukup melelahkan.

Hate no sora, bokura ga mita hikari (Master 13+)
Pada awalnya cukup straightforward, namun menuju pertengahan hingga akhir lagu terdapat difficulty spike yang signifikan.

Gerbang Putih/Kamisama Area
  • Tanggal selesai: 22 Agustus 2025
  • Lives tersisa: 803/999
  • Difficulty: Master

Mungkin bisa dibilang salah satu gerbang tersulit sebelum prism tower. Bahkan, ketika pada course ini dirilis di Jepang, tidak ada satupun yang lolos pada saat hari pertama. 
Berbanding terbalik dengan persyaratan yang harus didapatkan untuk mendapat kuncinya, yaitu dengan memainkan semua lagu dari Kanon Oguni dalam satu kredit dan menggunakan frame Latent Kingdom.
 
Wunder schaffen no housoku (Master 14)
Untuk ukuran level 14, pattern dan irama ketukan dari lagu Alice Schach and the Magic Orchestra ini bisa dibilang agak asing dan bingung ketika pertama kali memainkannya. Sebenarnya pernah main lagu ini, hanya saja lupa kapan.

TEmPTaTiON (Master 14+)
Apa maksud waktu pertama kali keluar dihitungnya level 13+? Just hard and tiring. Apalagi chart ini dirilis ketika awal maimai DX, jadi masih ada bagian yang eksperimental. Kamu pikir setelah slide sudah beres? Ternyata masih ada bagian yang sulit, hadeh.

Hyoumetsu no 135 shousetsu (Master 14+)
Sama dengan kakaknya yang api, namun lebih sulit ini. Beberapa penempatan break yang mengganggu bisa membuat skormu turun jauh, belum lagi ada drill padat dan staminanya keburu habis di lagu sebelumnya, hadeh.

Gerbang Ungu/Black Rose Area
  • Tanggal selesai: 24 Agustus 2025
  • Lives tersisa: 898/999
  • Difficulty: Master

Aku mungkin familiar dengan lagu-lagu dari Kotonoha Project pada season 1. Namun tidak dengan season 2. Untuk mendapatkan kunci ini, cukup dengan mengatur Owl sebagai tour leader dan memainkan semua lagu Kotonoha Project dalam satu kredit. Sepengetahuanku, lagu-lagu Kotonoha Project tidak memiliki challenge track dan tidak ada juga yang kompleks dari segi chart.

Itazura (Master 12+)
Chart maimai klasik, namun rentan mendapatkan great di bagian both spin.

Bunkai shuusoku tale
Aku pernah memainkan lagu ini satu kali ketika salah pilih grinding kunci gerbang biru. Dari segi chart sebenarnya cukup straightforward namun banyaknya touch notes di lagu ini sangat mengagetkan.

Gerbang Merah/World Tree
  • Tanggal selesai: 9 Oktober 2025
  • Lives tersisa: 16/100
  • Difficulty: Master




Aku mungkin kurang familiar dengan apa yang terjadi baik lagu, lore dan isi dari area ini. Aku hanya ingat dengan awal maimai DX banyak lagu dengan gambar naga seperti lagu Now or Never dan Kirikiri maiMine
Mengenai kunci sendiri, hanya memainkan 10 lagu, diantaranya 4 judul lagu yang mengandung kata dragon dan 6 lagu dari seri gim Yakuza Like A Dragon.
Untuk course, aku memainkannya lebih dari satu kali, dan gagal di lagu terakhir karena random dari lagu kedua yang cukup sulit.

Gaishite kago/Mostly Wrong (Master 13+)
Cukup tricky untuk ukuran 13+, mini-jack dan spin yang mengolongi hold bikin kagok.

Ichi ka bachi (Master 12)
Salah satu lagu termudah di area ini. Namun ketika sightread udah lama ga main, jadi sedikit bingung di slide cepatnya yang berulang.

FLΛME/FRΦST (Master 14+)
Untuk awal-awal main, susah. Ketukan lagu dan melodi yang uhh... kompleks? Jack berulang yang mengganggu, touch notes yang rentan miss, dan spin yang cepat membuatku agak kewalahan. Apalagi dengan lives yang tidak banyak juga.




Menara Prism/Prism Area
  • Tanggal selesai: 28 November 2025
  • Lives tersisa: 90/100
  • Difficulty: Expert


Syarat utama untuk mengakses gerbang ini, dengan mendapatkan master key. Menyelesaikan 6 gerbang sebelumnya dan 7sref Area 4. Ga mau ribet karena ngebet pengen kejar final bos. Udah keburu capek dengan grinding tower prism dengan jarak yang jauh. Lagu-lagu di prism area kebanyakan cukup sulit. Belum lagi antrian waktu itu sangat ramai dan banyak orang yang ingin bermain Xaleid◆scopiX, agak sungkan kalau main Kaleidxscope.

Ether Strike & Straight To The Lights All Perfect, World End Blackbox great di spin miss 1 di touch

ERROR
  • Tanggal selesai: 1 Desember 2025
  • Lives tersisa: ?/100
  • Difficulty: Expert
3 fase terakhir aku mengerjakannya bersamaan dengan Haidar, di fase error ini aku sempat melakukan kesalahan karena lupa ganti difficulty sebelum bermain. Antrian waktu itu cukup ramai juga, jadi aku harus bermain dua kali. Apesnya, di percobaan pertama kategori master aku dapat lagu Antinomie. Namun ketika bermain di difficulty expert, lagu random yang keluar tidak susah.
 
Oops, I broke the machine
Gerbang Harapan/Gate of Hope
  • Tanggal selesai: 1 Desember 2025
  • Lives tersisa: 41/100
  • Difficulty: Master

Ketika dua tema lagu dari lintas generasi mendapatkan chart yang berbeda.
Aku masih yakin bisa lolos dengan 100 lives di level master.

Prism△▽Rhythm (Master 13 STD)
Chart tipikal standard pada umumnya sebelum DX menyerang. Fun chart, namun bagian jack yang diiringi dengan slide dan semi spin yang cepat bisa membuat konsentrasi buyar.

Believe The Rainbow (Master 13 DX)
Touch notes ketika slide wifi dapat mengejutkan dan membuat lives berkurang. Sisanya seru kok.

After Pandora (Master 14 STD)
Slide delay yang cukup tricky, bisa dilatih dengan lagu lain yang memiliki chart yang serupa. Hanya saja, bagian drill pada ketukan bip yang semakin lambat dapat mengurangi skor dan lives secara brutal. 
KALEIDXSCOPE

  • Tanggal selesai: 1 Desember 2025
  • Lives tersisa: 864/999
  • Difficulty: Expert
The Final Boss. All perfect di bagian fase pertama, namun terdapat great dan miss di fase 2.


Oh iya, beberapa hari sebelumnya aku pernah mencicipi XaleidoscopiX ini sebelum rilis dengan meminjamnya ke Erik. Hanya master saja, masih belum kuat untuk re:master.

Sebelum menyelesaikan sesi pada hari itu, aku dan Haidar mencoba lagi XaleidoscopiX difficulty Master.



EXTRA:



Apa yang akan dimasak oleh SEGA setelah maimai Prism Plus?